Wednesday, October 30, 2013

Pangeran Jayakarta Street Food

 Street food, cheap price, and a lot of food stall you can choose....

Pangeran Jayakarta memang agak sedikit mirip dengan daerah Kampung Krendang. Ketika malam hari baru banyak yang berjualan di sini. Kalau Anda berjalan di sepanjang jalan ini, Anda juga bisa menemukan toko yang menjual makanan khas daerah Pontianak seperti : hekeng (seperti lumpia, namun terbuat dari babi dan ebi), pangsit ikan, roti ebi, kue-kue khas Pontianak, dll. Untuk makan di sini cukup mudah, Anda dapat memilih tempat untuk makan kemudian Anda bisa memesan banyak makanan di stall-stall sepanjang jalan dan diantar ke tempat Anda makan. Mungkin bagi yang pertama kali akan sedikit bingung. Boleh dikatakan, makanan yang dijual di sini memang lebih banyak makanan khas Pontianak dan Singkawang. Namun, tidak hanya itu saja kok. Makanan yang disajikan di sini ada berbagai macam. Dari bakmi kepiting, choipan, kwecap, kuekiateng, sekoteng, pisang goreng, es nona dan masih banyak lagi. Anda bebas memilih mau memesan apa. Bagi saya, makanan favorit saya adalah seperti yang saya pesan ini :



- Kwe Kia Teng (22k) : mungkin Anda bingung mendengar namanya. Kalau dilihat dari gambar pun mungkin tidak jelas ini apa. Oke, saya jelaskan terlebih dahulu. Makanan ini isinya daging babi, ginjal babi, hati babi. kuping babi. tahu coklat, usus babi, telur, dan yang putih-putih rasanya seperti kwetiau namun teksturnya melingkar dan tidak terlalu kenyal. Kuahnya yang berwarna coklat juga terasa sedap dan ada kacang kedelai. Kuahnya mirip dengan kuah obat namun berbeda dari segi rasanya. Saya sangat suka makanan ini apalagi dimakan ketika masih panas-panas. Rasanya badan pun terasa hangat.





- Kue Lobak (18k) : Siapa yang tidak tahu kue lobak. Kue lobak dipotong kotak-kotak dan dimasak cah dengan toge dan kucai. Sayang, rasanya agak terlalu manis.



- Choipan (18k) : Choipan ini makanan khas Pontianak. Anda bisa memilih untuk rasanya. Ada yang isi bengkuang, talas, kacang, dan kucai. Yang saya pesan ini isinya kacang, talas, dan kucai. Favorit saya yang isinya kacang dan talas. Kulitnya yang tipis dan agak kenyal kemudian bawang goreng di atasnya sungguh menambah cita rasa. Apalagi ketika dicocol dengan cabenya..






- Bubur Ikan (30k) : makanan ini juga salah satu favorit saya. Memang, namanya bubur tapi sebenarnya masih berbentuk nasi. Kemudian diberi kuah bening. Isinya daging ikan yang difillet, kulit ikan, dan daging yang dimasak kecap. Pas banget ketika dimakan hangat-hangat, bikin jadi tambah seger. Ini juga recommended.



- Lin Tau Suan (13k) : kacang hijau kupas yang dimasak kental kemudian disajikan dengan cakwe. Rasanya manis, dan sangat kental. 

Anda tertarik..? silahkan datang untuk mencobanya..


Taste : ****
Price : $

Pangeran Jayakarta Street Food
Jalan Pangeran Jayakarta
Buka : sore sekitar jam 18.00-22.00

by : siQa


No comments:

Post a Comment