Monday, December 16, 2013

Coco Ichibanya

Japanese curry in Town...



Hello, bagi para penggemar curry...pasti Anda pernah mendengar restoran yang satu ini. Restoran yang merupakan franchise dari Jepang ini akhirnya telah hadir di Jakarta. Curry di seluruh dunia tersebar dengan berbagai cita rasa khas masing-masing negara. Contohnya saja kari di Indonesia boleh terbilang agak pedas, sedangkan kari khas Jepang sendiri tidak pedas dan agak manis. Dari warna kari sendiri pun sudah berbeda. Kalau kari Indonesia warnanya lebih kuning, encer, dan memakai santan. Sedangkan kari Jepang berwarna lebih coklat dan kental. Sebenarnya dahulu saya tidak terlalu suka kari. Namun, seiring berjalannya waktu saya sempat tinggal di Taiwan dan memiliki teman-teman orang Jepang, hal ini membuat saya menjadi menyukai masakan curry. Di Taiwan sendiri masakan curry sangat digemari. Kalau di Jakarta, sebenarnya juga sudah cukup banyak restoran Jepang yang menyediakan curry. Tapi, tentunya restoran baru akan menjadi perhatian masyarakat, bukan...? Let's talk about this restaurant menu...

Untuk menu sendiri, Anda bisa memilih dari ukuran nasinya. Ukuran standar yang disajikan adalah 250gr. Kalau Anda mau mengurangi nasi atau mau menambah nasi, Harganya pun tergantung. ( kalau dikurangi menjadi 150gr dikurangi 5k, begitupula kalau ditambah menjadi 350 gr ditambah 5k). Setelah menentukan ukuran nasi, Anda bisa memilih level pedas ( kalau menurut saya level 3 sudah pedas). Setelah itu pilihlah menu apa yang Anda inginkan. Anda juga bisa menambah paket salad dan minum.






- Chicken katsu with vegetable curry ( 78k) : daging ayam yang dibalut dengan tepung roti dan digoreng, kemudian disajikan dengan potongan wortel dan kentang, bawang bombay. Daging ayam katsu yang gurih dan crispy bagian luar kulitnya dimakan bersama kuah kari kental sungguh nikmat. Apalagi kentangnya yang juga enak dan pas dimasaknya. Karena biasa kalau dimasak terlalu lama, biasa kentang akan terlalu lembek,tapi ini tidak. Wortelnya pun terasa manis dan tidak berbau mentah. Karena saya memesan nasi dengan ukuran standar (250 gr), terasa banyak sekali. Untungnya saya makan berdua sehingga terasa pas. Level pedas yang saya pilih pun yaitu level 3. Menurut saya, pedasnya juga sudah cukup pedas. Karena kalau kepedasan, rasa dari curry nya tidak akan terasa. Curry nya sendiri memang agak manis, terasa dari bawang bombay dan tidak terlalu menusuk baunya. Menurut saya, kari Jepang lebih nyaman di mulut jika dibandingkan kari India yang dimasak dengan bumbu yang agak menusuk hidung.





- Beef hamburg and katsu with cheese (80-90k) : daging hamburger khas Jepang memang memiliki rasa yang khas. Cincangan daging sapi yang ketika dimakan akan berhamburan di mulut. Dengan cita rasa yang juicy dari daging sapi itu sendiri sungguh sayang untuk dilewatkan. Ditambah dengan daging katsu yang juga juicy dan enak. Keju mozarella sendiri diiris tipis-tipis dan ditaruh di atasnya. Keju ini menambah rasa gurih pada kari dan menjadi tekstur yang lengket-lengket ketika dimakan. Untuk menu yang satu ini pun juga sayang untuk dilewatkan.


Kalau menurut saya, entah kenapa suatu restoran franchise memasuki suatu negara, pasti rasa dari makanan aslinya akan berubah mengikuti cita rasa lidah lokal. Namun, di restoran Coco Ichibanya ini masih memiliki cita rasa kari khas Jepang. Walaupun pastinya agak sedikit berbeda dengan cita rasa asli curry di Jepang. Mungkin harus ke Jepang aslinya untuk bisa mengetahui rasa asli dari kari Jepang. (hahaha....) Untuk harga sendiri saya rasa juga cukup bersaing. Porsi yang banyak dan kuah kari yang enak. Silahkan bila Anda penasaran dan ingin mencobanya.


Taste : ****
Price : $-$$

Coco Ichibanya
Grand Indonesia Lv.3A
Jl.M.H.Thamrin No.1
Jakarta Pusat

by : siQa

No comments:

Post a Comment