Tuesday, December 17, 2013

Bakmi Ahiung khas Jambi

Jambi's noodle...

Rasanya tak pernah bosan-bosan saya mencoba makanan yang satu ini...Ya..tak lain dan tak bukan yaitu bakmi...Cuman kali ini saya mencoba bakmi khas Jambi. Biarpun ga tau bakmi khas Jambi aslinya kaya apa, tapi justru itulah yang membuat saya penasaran. Bagi Anda yang pernah makan bakmi Aloi, tentu tahu tekstur bakminya seperti apa. Nah, di Bakmi Ahiung ini tekstur dan bentuk bakminya mirip dengan di Bakmi Aloi. Satu lagi kesamaannya yaitu menggunakan daging babi alias non-halal. Yang membuat beda dengan bakmi babi pada umumnya adalah daging isian/jeroan (daging babi cincang, tahu isi, bakso ikan, usus babi, paru babi,dll) disajikan di mangkok terpisah dan berkuah bening. Bakminya sendiri kering dan disajikan irisan daging babi cincang dan babi potong. Anda bisa memilih isi untuk kuahnya. Karena saya makan sekeluarga, di setiap mangkok disajikan isian yang berbeda. Ada pangsit rebus, paru,tahu,dll. Untuk porsinya sendiri boleh dibilang cukup banyak. Satu orang makan pasti dijamin kenyang. Untuk harga berkisar antara 25k-30k. 




 













Kalau untuk rasa dari bakminya sendiri, boleh dibilang biasa saja. Tapi yang saya suka yaitu kuah pendamping si bakmi yang berisi pangsit rebus, bakso ikan,ginjal babi, hati babi, daging cincangnya. Kuahnya sangat enak dengan kaldu yang penuh rasa babi. Ditambah pula sayuran selada agar tidak eneg. Untuk daging di bakminya sangat sedikit, tidak sebanding dengan bakminya. Kalau disuruh memilih, saya lebih suka dengan kuah isiannya saja. Cabe yang mereka miliki juga berbeda dengan cabai bakmi kebanyakan. Tapi, kalau menurut saya, saya kurang cocok dengan cabai mereka. Cabainya agak kental berwarna merah. (maklum..lidah Jakarta bukan lidah Jambi...hehe..)

Tempat ini begitu ramai dikunjungi tiap harinya, dibuka dari pagi dan tutup sekitar jam 13-14.00. Jamnya tergantung apabila bakmi sudah habis terjual maka mereka tutup. Tempatnya pun cukup besar dan bersih. Silahkan dicoba bagi yang penasaran.

Taste : ***
Price : $

Bakmi Ahiung khas Jambi
Jl.Pinangsia Timur Raya
Jakarta Pusat

by : siQa

No comments:

Post a Comment