Sunday, September 15, 2013

Singkawang's Food

My favourite area for Singkawang's food...

Bubur Singkawang Sun-Fa (15k)


Terletak di Jl.Kampung krendang raya. Mungkin yang menjual bubur tidak hanya 1, tapi masih ada yang lainnya. Tapi di sini tempat favorit langganan saya. Cari saja tempat yang ada etalase bertuliskan Bubur SUN-FA. Di sini menjual bubur khas Singkawang. Buburnya sendiri masih agak berbentuk nasi dan kental. Di dalamnya banyak isi daging seperti : kodok, babi, usus babi, ginjal, dan hati babi, udang, ikan. Untuk isinya bisa dipilih mau isi apa. Kalau saya biasa pesannya campur. Di atas bubur disajikan daun selada segar yang harus diaduk ketika ingin dimakan supaya terasa kerenyahan dari sayurnya sendiri. Kalau ingin menambah telur juga bisa loh. Tinggal dipilih mau yang setengah matang atau matang. Tidak lupa sebagai pelengkap juga disajikan kerupuk babi. Boleh dicampur ke dalam buburnya atau dimakan terpisah. Sebagai tambahan, cabai yang disajikan mereka pedes loh dan akan lebih terasa enak jika dimasukan ke dalam bubur sesuai selera..

Untuk menu minuman, mereka juga menyediakan jeruk kunci loh yang segar rasanya ( harus dicoba)

Rujak Juhi Singkawang " AFAT" (20k)
Jl. Krendang Raya no.193 a
Jembatan Lima
Telp : 08129399233/63851256


Masih di daerah Krendang raya. Makanan yang satu ini juga favorit saya banget. Rujak juhi nya yang bikin berbeda dengan rujak juhi Betawi adalah bumbunya dan isinya. Kalau rujak juhi Betawi, isinya memakai mie kuning, tahu, daun selada, juhi kering, bumbu kacang. Sedangkan kalau rujak Singkawang ini, isinya kangkung direbus dan dipotong-potong, juhi rebus/juhi kering, kacang tanah tumbuk, dan terakhir bumbu kental khas yang berwarna bening dan agak manis, dituang kecap asin sedikit.Sebagai pelengkap juga ada emping di atasnya.

Semua campuran tersebut diaduk menjadi satu dan siap dimakan. Mungkin yang bikin istimewa adalah juhi rebusnya yang kenyal dan empuk. Untuk rasa agak sedikit manis, namun mereka juga menyediakan sambal buatan mereka untuk dituang ke dalamnya. Tapi, untuk saya ga usah pakai sambal juga uda lezat kok...
Menu yang satu ini harus dicoba karena rasanya yang istimewa...

Kalau rujak juhi mereka buka dari jam 17.00 sampai 22.00.
Akan lebih enak dan nyaman kalau ke sini pada malam hari karena di sepanjang jalan Kampung Krendang ini banyak makanan khas Singkawang lainnya.

by : siQa




No comments:

Post a Comment