Sunday, June 30, 2013

Black Ball

Since we are really gonna become Taiwanese. It's common to see a lot of Taiwanese food in this city...

Gimana engga, sejak kemunculan kembali si bubble tea di tanah air kita ini tentunya biasa donk kalau melihat sesuatu yang berbau Taiwan. Dari mulai bubble tea, bulu mata, dessert, sampai ke snack...semuanya pasti ada sangkut pautnya dengan Taiwan. Tapi anyway, sejak kepulangan saya dari Taiwan tahun lalu, rasanya tidak perlu jauh-jauh mencari makanan khas Taiwan sekarang di Jakarta. Biarpun begitu, tentunya ada yang saya kangenkan dengan makanan khas Taiwan yang belum ada di sini. Yaitu shao bing jia zhu pai (baked sesame seed coated cake with pork roast). Ini salah satu makanan favorit saya selama disana, dan rasanya yang enak, renyah, dan waww..belum ada yang bikin di sini.. okay, back to the topic..

Untuk kali ini, saya akan bahas tentang dessert khas Taiwan. Dessert yang satu ini sebenarnya sangat umum sekali di Taiwan, bahkan di pasar malam pun juga banyak yang jual. Yaitu kalau di kita boleh dibilang es campur. Tapi yang bikin beda yah sirupnya, campuran toppingnya. Kalau boleh dibilang tentu toppingnya sangat berbeda jauh. Kalau es campur khas Taiwan sendiri toppingnya sangat banyak seperti : yam ball (terbuat dari talas yang diolah sehingga menjadi kenyal), sweet potato ball ( terbuat dari ubi dan kenyal), kacang merah, cincau, kacang tanah yang dibuat manis, barley, bubble hitam, agar/konyaku,dll. Kalau es campur Jakarta boelh dibilang isinya berupa : alpukat, kolang-kaling, buah atep, cincau hitam, sagu mutiara, sirup merah, dll.

Nah, dessert yang saya temukan di Central Park Mall ini yaitu Black Ball menyediakan berbagai macam es campur dan bahkan ada milk tea. Untuk 1 porsi rata-rata seharga 30k.

Saya pesan 2 macam :

- Blackball Signature original (30k) : campuran dari bubble kecil hitam, yam ball, sweet potato ball, kacang merah dan juga cincau. Untuk menu yang ini esnya sedikit dan ada di bawah tumpukan topping. Untuk cincau, kenyal dan tidak berbau serta lebih banyak. Untuk rasa bubble nya enak, pas kekenyalannya. Rasa yam ball dan sweet potato ball nya juga mirip sama yang di Taiwan. Sayangnya kacang merah yang mereka pakai yang besar. Saya lebih suka yang kecil seperti yang di Taiwan. Tapi, untuk rasa ga kalah kok dengan yang di Taiwan. Yang, buat kalah adalah harganya. Mungkin karena pakai barang import (mungkin lohh...) , jadinya harganya mahal...haha


- Yamballs crushed ice (30k): sebenernya isinya sama dengan blackball signature, cuman ditambah serutan es aja di tengahnya. Kemudian tidak lupa ditambah sirup di esnya. Selebihnya, terasa dingin karena esnya lebih banyak. Untuk yang ingin minum minuman dingin, yah mendingan dipilih yang ini. Karena terasa segar dengan serutan es di atasnya. Tapi, cincaunya lebih sedikit saja.

Sekian, review mengenai Black Ball dan dessert Taiwan. Tentunya, saya juga akan terus berburu makanan khas Taiwan lainnya.

Black Ball
Central Park lantai 2
Jakarta

Taste : ****
Price : S

by : siQa

No comments:

Post a Comment