Monday, January 28, 2013

Hakka Restaurant

 Dari nama restorannya, ada yang tahu ga kira-kira ini restoran yang menyediakan makanan apa..?? ayo..ditebak.. aku kasih tahu deh..Hakka itu salah satu suku di cina yang berbicara bahasa khek. Nah, kira-kira tahu yah kalau ternyata restoran ini menyediakan makanan khas Hakka / Khek.
Restoran ini berdiri sudah lama, biarpun ga tahu pastinya kapan. Tapi, sejak dari aku kecil uda sering banget makan di restoran ini dan rasa masakannya juga tidak berubah. Apa aja sih yang spesial dari restoran ini, yaitu ayam garam, lindung cah fumak, kodok batu talas, dan lumpia udang goreng. Yuk, coba dilihat satu-satu :



Ayam garam : untuk menu yang satu ini, pasti dipesen deh sama bokap. Soalnya uda khas banget deh, ayam yang terasa asin karena garam berasa banget dan cocok banget dimakan  sama nasi putih yang hangat.


Lindung cah fumak : Untuk menu yang satu ini aku bilang juaranya. Karena di restoran chinese lain belum ada yang seenak restoran Hakka ini. Kalau yang belum tahu apa itu lindung, lindung itu adalah belut yang sudah bersih dan tanpa tulang dan dimasak dengan sayuran fumak ditambah cao merah yang mengandung sedikit arak. Yang bikin enak itu, kerenyahan dari si belut itu, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu garing. Aku pasti rekomen untuk menu yang satu ini.


Kodok batu talas : menu yang satu ini yaitu ada kodok batu (biasa disebut saklon) dimasak dengan talas di dalam sapo, jadi agak sedikit terasa creamy dari tekstur talas tersebut, dan ada bawang putihnya. Buat yang pengen coba, menu ini bisa dijadikan alternatif pilihan.


Lumpia udang goreng : Menu ini sebenernya merupakan rekomendasi dari restoran. Jadinya, kita baru cobain pesen. Lumpia yang berukuran agak besar diisi dengan udang yang banyak memenuhi isi lumpia, digoreng sampai warna kecoklatan dan juga ada saus cocolan berwarna merah seprti bumbu puyunghai yang sedikit manis. Kalau aku lebih suka tanpa cocolan, jadi lebih terasa aja udangnya.

Hal lainnya yang aku suka juga yaitu penyajiannya yang cepat, jadi kalau lagi lapar tidak perlu menunggu terlalu lama..gimana, enak kan..??

Taste : ****
Price : $- $$

Hakka Restaurant
Batu Ceper

by : siQa

No comments:

Post a Comment